Rahasia Sembunyikan File Penting di dalam Gambar

sembunyikan-file-kedalam-gambar

Teknik menyembunyikan file ke dalam sebuah gambar ini merupakan salah satu cara untuk melindungi file penting yang mungkin dianggap bersipat sangat pribadi, supaya tidak diketahui oleh orang lain.

Sebetulnya teknik ini sangat mudah sekali dilakukan, karena sesungguhnya yang kita kerjakan adalah menggabungkan binari dari file yang sudah dibuat menjadi rar dengan sebuah file berupa gambar.

Mau tau bagaimana caranya menggabungkan kedua file tersebut? Langsung saja kita simak caranya sebagai berikut.

  • Langkah pertama buat sebuah folder, kemudian masukan semua file yang ingin disembunyikan ke dalam folder tersebut.
  • Setelah itu buatlah folder tadi menjadi sebuah file rar, menggunakan aplikasi Winrar. Caranya, klik kanan pada folder yang berisi file penting itu, lalu pilih "Add to archive". Pada contoh berikut saya membuat file rar yang berisi 2 buah lagu.

file rar
  • 2 File lagu yang sudah menjadi rar itu akan saya gabungkan dengan sebuah gambar menggunakan bantuan aplikasi CMD yang sudah ada pada semua sistem Windows. 
  • Untuk menjalankan program CMD, kita masuk ke dalam folder yang sudah berisi kedua file yang akan kita gabungkan.
  • Lalu tekan tombol "SHIFT" sambil klik kanan pada mouse. Kemudian pilih "open command window here".

sembunyikan file kedalam gambar
  • Langkah selanjutnya kita tinggal ketikan perintah: copy /b nama-file-gambar.jpg + nama_file.rar

Kita bisa lihat pada gambar penjelas di atas, ukuran file gambar ubud masih sebesar 349 KB. Lalu kita bisa lihat perubahan ukuran file pada gambar di bawah ini menjadi 12 MB setelah dilakukan perintah penggabungan binary.

hide file in image
Untuk memastikan apakah cara yang kita lakukan berhasil atau tidak. Maka kita bisa langsung membuka file gambar tersebut menggunakan aplikasi WINRAR. Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di bawah, ketika file gambar berupa jpg dibuka menggunkan aplikasi winrar, di dalamnya berisi 2 buah file lagu  mp3.

hide file in image
Jadi dengan begitu bagi orang lain yang tidak mengetahuinya, kalau mereka membuka gambar tersebut tetap akan terlihat sebagai sebuah gambar seperti biasanya.

Sedangkan jika file gambar itu kita buka menggunkan aplikasi winrar, barulah kita akan mengetahui file apa saja yang sebenarnya tersebunyi di dalam gambar itu.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Itulah trik sederhana yang paling gampang untuk menyembunyikan file yang kita anggap penting ke dalam sebuah gambar menggunakan bantuan program CMD bawaan windows.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel