Bahas Tuntas 7 Cara Jadi Youtuber Sukses

cara-jadi-youtuber-sukses

Hello sahabat semua yang baik hati, gimana kabarnya? Semoga kalian semua baik-baik saja. Kali ini saya ingin membahas tuntas hingga ke akar-akarnya tentang bagaimana cara jadi youtuber sukses dalam 7 langkah penting, dan satu langkahpun tidak boleh dilewatkan.

Kenapa begitu, karena tidak sedikit dari sahabat-sahabat kita khususnya para youtuber pemula yang bermain di youtube, tapi pada akhirnya berhenti berkarya sebab video mereka ternyata gak laku.

Mungkin diawal mereka begitu bersemangat mengupload video ke youtube setiap hari, kemudian lama kelamaan mereka menjadi tambah malas sebab channel yang dibangun tak kunjung memberikan penghasilan. Lalu karena merasa putus asa akhirnya banyak dari mereka yang memutuskan untuk berhenti jadi youtuber.

Oleh sebab itu bagi kalian para calon youtuber baru, sebaiknya baca artikel ini sampai tamat sebelum memutuskan untuk membuat channel baru di youtube. Karena jika tidak, nantinya kemungkinan besar nasib channel youtube kalian akan bernasib sama dengan milik para youtuber yang tadi saya ceritakan, dimana akhirnya mereka gulung tikar alias bangkrut.

Topik yang akan kita bahas ini penting sekali untuk dipahami. Sebagai modal awal bagi youtuber pemula, agar lebih memahami terlebih dahulu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum dan setelah membuat channel sendiri di youtube.


Berikut 7 Cara Penting Sebagai Modal Awal Jadi Youtuber

Motivasi Sebagai Poundamental

Kalau di dalam bangunan, motivasi ini diibaratkan sebagai pondasi yang menentukan kokoh atau tidaknya sebuah gedung. Karena itu motivasi menjadi modal penting untuk kalian miliki sejak awal sebelum mendaftar jadi youtuber.

Cobalah tanyakan kepada diri sendiri, motivasi apa yang sebenarnya mendorong kalian ingin jadi youtuber. Apa hanya termotivasi karena mendengar banyak youtuber berpenghasilan hingga puluhan juta setiap bulan?

Apakah kalian hanya mencoba berniat mengadu nasib saja lalu memilih menjadi youtuber, dengan alasan siapa tahu bisa jadi terkenal? Atau jangan-jangan kalian tidak mempunyai motivasi apapun, selain karena niat sekedar ikut-ikutan saja?

Jika motivasi kalian semata-mata hanya karena uang? Maka dijamin kalian bakal gagal total dan terus berhenti di tengah jalan. Apabila alasan kalian hanya karena ingin mencoba mengadu nasib siapa tahu lagi mujur lalu nantinya bisa terkenal, atau cuma karena ikut-ikutan saja? Umur channel youtube kalian juga tidak akan bertahan lama, lalu tenggelam dan hilang ditelan waktu.

Berkarya jadi youtuber memang benar bisa menghasilkan uang. Tapi penting untuk dipahami sejak awal, bahwa dengan membuat channel hari ini. Kemudian kalian kejar tayang dan mengisi channel itu dengan puluhan video setiap hari.

Lalu bulan depan kalian pikir akan langsung terima gaji dari youtube. Ohhhhh...tidak kawan!! Sayangnya tidak seperti itu cara kerjanya, dan tidak semudah seperti yang mungkin kalian bayangkan.

Akan butuh waktu yang lama dengan proses yang panjang, serta memerlukan pengorbanan tidak sedikit sebelum kalian nantinya bisa menikmati hasil karya dari kerja keras kalian dalam membuat konten video di youtube. Itu artinya akan ada banyak waktu dan pekerjaan tanpa bayaran selama berbulan-bulan bahkan bisa bertahun-tahun.

Yakin sudah siapkah dengan kondisi seperti itu? Jika ya, tentu tidak akan menjadi masalah, silahkan terus berkarya. Namun jika kalian belum siap bekerja dan kehilangan waktu tanpa dibayar selama proses menuju sukses.

Sebaiknya tunda dulu keinginan untuk menjadi seorang youtuber sebelum nantinya malah kecewa berat. Tapi jika kalian ngotot ingin tetap mendaftar jadi kreator konten di youtube, teruskan membaca artikel ini sampai selesai supaya nantinya tidak gagal paham.

Yakin masih ingin jadi youtuber? Oke pertama rubah dulu mindset dan motivasinya dari karena uang menjadi karena hobi. Sebab jika orientasi kalian hanya karena uang, tadi sudah saya jelaskan, nanti di tengah jalan kalian akan gagal.

Tapi jika kalian membuat video karena hobi, lalu di upload ke youtube. Apapun yang terjadi dengan chennel tersebut tidak akan jadi soal. Karena hobi, maka kalian akan terus kreatif membuat video dan akan terus berkarya menjadi seorang kreator konten.

Dengan begitu, sebetulnya itu sudah menjadi satu modal awal yang hebat bagi kalian dalam proses menuju keberhasilan di masa depan. Karena jadi youtuber dengan alasan hobi, berarti kalian sudah memiliki pondasi yang kuat dan pasti akan mampu bertahan untuk waktu yang sangat lama.


Riset Keyword Untuk Topik Channel dari Bakat Yang Dimiliki

Setelah mempunyai motivasi yang jelas, sekarang saatnya untuk mencari tahu skill atau bakat apa yang berhubungan dengan hobi kalian. Contoh hobi kalian misalnya jalan-jalan, memiliki bakat mampu berakting dan berbicara dengan baik di depan kamera.

Ya sudah kalian bisa membuat topik travelling untuk channel di youtube. Passion kalian berarti di situ, tinggal bagaimana cara mengembangkan bakat dan hobi tersebut menjadi sebuah karya kreatif yang enak ditonton orang. Bermanfaat serta menambah pengalaman baru yang unik bagi para penonton di youtube.

Sekarang menentukan keyword, topik tertentu, atau niche konten untuk video yang akan dibuat. Ini juga sangat penting agar nantinya kalian bisa lebih fokus dalam berkarya. Selain itu dengan memilih topik tertentu akan lebih memudahkan banyak orang datang ke channel youtube kalian.

Berbeda dengan channel gado-gado, yang isi videonya bisa beragam. Bagi youtuber pemula tidak disarankan untuk membuat channel dengan banyak topik, sebab nantinya kalian akan kesulitan dalam membuat konten-konten baru, apalagi jika kalian bekerja sendiri.

Karena dengan semakin banyaknya niche keyword yang dipilih, nantinya kalian akan dituntut untuk lebih kreatif dalam membuat konten video yang beragam. Tentu saja itu akan menjadi pekerjaan yang tidak mudah, apalagi bagi youtuber pemula. Jadi lebih baik pilihlah dulu satu topik yang sesuai dengan bakat dan hobi kalian.


Mendaftar dan Membuat Channel Sendiri Di Youtube

Jika kalian sudah memiliki topik apa yang akan dibahas, barulah mendaftar dan membuat channel sendiri di youtube. Buatlah nama channel yang unik, simpel, jelas dan mudah diingat orang. Jangan lupa menambahkan photo atau logo profil yang mewakili brand, karena itu juga bisa membantu channel kalian terlihat lebih menarik.

Dalam membuat channel di youtube nama yang unik juga penting untuk mendapat perhatikan khusus. Karena nantinya nama channel tersebut akan menjadi brand yang selalu diingat oleh para netizen. Sehingga akan lebih memudahkan bagi para penonton di youtube saat mencari nama channel kalian.

Membuat Konsep Sebelum Bikin Video

Video yang dibuat asal jadi tanpa konsep jaman now tidak akan laku lagi di youtube. Apalagi dengan banyaknya persaingan serta kebijakan baru di youtube. Jadi mau gak mau kalian dituntut harus lebih kreatif dalam membuat konten video baru yang unik, segar, enak ditonton, dan banyak dicari orang.

Maka kalian harus membiasakan membuat konsep terlebih dahulu sebelum video itu dibuat. Misalnya menentukan di mana tempat yang cocok untuk membuat video tersebut. Atau jika peralatan yang kalian punya masih sederhana, belum punya lighting khusus misalnya.

Untuk memaksimalkan pencahayaan kalian bisa menentukan konsep waktu dengan memilih saat yang tepat kapan video tersebut seharusnya dibuat. Supaya tetap bisa mendapatkan hasil yang sempurna.

Konsep alur ceritanya juga harus direncanakan dengan baik, karena dengan adanya konsep ini kalian juga bisa menghemat waktu serta tenaga. Selain itu video yang dibuat dengan konsep yang baik, nantinya bakal enak ditonton. Sehingga pesan yang ingin kalian sampaikan melalui setiap video, bisa sampai ke para penonton di youtube.

Selain itu dengan membuat konsep, kalian juga akan tahu durasi video yang ideal. Apakah video tersebut harus dibuat dengan durasi panjang atau pendek. Intinya jika kalian selalu menggunakan konsep, maka setiap video kreatif yang kalian buat bisa menjadi video yang unik, segar, dan berkualitas.

Waktu Yang Tepat Untuk Mulai Membuat Konten Video

Setelah tadi kalian membuat konsep, sekarang saatnya mulai membuat proyek video baru sesuai konsep yang sudah direncanakan. Dalam pekerjaan ini tentu kalian sedikitnya harus memiliki pengetahuan tetang cara membuat video yang bagus. Seperti tahu tehnik memposisikan kamera yang benar dan mengerti cara mengambil gambar yang bagus.

Mengerti bagaimana cara menentukan pencahayaan yang tepat, waktu yang ideal, dll. Jika ilmu pengetahuan dirasa masih kurang, cobalah belajar dulu. Bisa dengan kursus editing video kalau kalian punya uang lebih, atau belajar secara otodidak melaui internet. Tapi yang jelas minimal kalian harus memiliki pengetahuan dalam teknik membuat video, agar hasilnya lebih maksimal.

Proses Editing dan Upload Video

Jika sudah berhasil membuat beberapa video, kemudian lakukan editing supaya hasilnya nanti lebih maksimal. Editing video meliputi beberapa pekerjaan seperti cutting atau membuang bagian yang tidak penting.

Memposisikan adegan adegan agar lebih sesuai dengan konsep yang telah dibuat. Menggabungkan beberapa video, membuat opening, pencahayaan, efek, hingga editing suara. Nah, jika nanti video yang sudah jadi hasilnya dirasa maksimal. Kalian tinggal upload video tersebut ke channel youtube.

Optimisasi Channel dan Konten Video

Setelah channel youtube kalian diisi dengan video hasil karya kreatif yang sesuai dengan topik. Langkah berikutnya adalah melakukan optimisasi baik untuk channel atau videonya. Optimisasi yang saya maksud yaitu memperkenalkan channel dan hasil karya kalian ke publik. Supaya lebih banyak orang tahu kalau kalian sekarang sudah memiliki channel sendiri di youtube.

Cara mudahnya kalian harus mengiklankan channel tersebut melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram, website atau blog, atau di share ke temen-temen kalian. Sementara untuk optimasi pada video, kalian bisa lakukan pada saat memilih judul, memberikan deskripsi, dan keyword.

Langkah optimisasi ini juga bisa dibilang cukup penting, agar setiap video kalian mampu bersaing di mesin pencari. Tujuannya pada saat orang-orang mengetikan judul yang dicari melalui mesin telusur di google maupun di youtube, nantinya video kalian bisa muncul di hasil pencarian. Dengan begitu maka akan lebih mudah bagi mesin pencari mengantarkan banyak para pengunjung ke channel youtube kalian.

Oke temen-temen itu saja sharing saya kali ini. Tentang tips bagaimana cara jadi youtuber sukses melalui 7 langkah penting yang sudah dijelaskan secara panjang lebar. Semoga saja tutorial ini bisa menjadi inspirasi dan bekal bagi para kreator konten pemula yang ingin memulai berkarya dan membuat channel sendiri di youtube, semoga sukses.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bahas Tuntas 7 Cara Jadi Youtuber Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel